Kamis, 07 Juni 2012

MEMPERKENALKAN DIRI ORANG LAIN DALAM FORUM RESMI

Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat

Dalam memperkenalkan diri atau orang lain, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah penggunaan kata ganti diri atau kata acuan. Sering dalam suatu acara pertemuan, moderator atau narasumber sendiri tidak tepat memilih kata ganti atau kata acuan sehingga dapat tercipta suasana yang kurang nyaman. Sebagai contoh, moderator yang masih muda menyebut narasumber dengan kata dia. Padahal,. Orang yang dimaksud sudah berumur, orang terpandang, dan belum begitu dekat/akrab.

 Hal itu terjadi karena mungkin moderator kurang memahami latar belakang narasumher. Sebaliknya, terkadang narasumber sendiri kurang cermat dalam memilih kata ganti diri. Sebagai contoh, karena merasa masih muda dan ingin dikenal sebagai remaja yang gaul, ada yang menyebut dirinya gue atau aku saat perkenalan. Padahal, di hadapannya, ada orang-oarang tua atau mungkin orang-orang penting.

 Agar proses perkenalan berjatan dengan lancar, sebaiknya, sebelumnya moderator melakukan sejumlah persiapan. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan.
1. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya seputar kehidupan narasumber. Hal itu dapat dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada yang bersangkutan atau mencari sendiri dari sumber-sumber lain ( majaiah, iiYternei, atau buku biografi narasumber ). Usahakan informasi yang dikumpulkan adalah data yang aktual atau terbaru.
2. Mendaftax butir pokok yang akan disampaikan, misalnya nama, umur, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, karya atau prestasi yang pernah diraih, dan mungkin informasi seputar keluarga.
3. Menginformasikan kebenaran dan kelengkapan catatan yang telah disiapkan kepada narasumber. Dalam hal ini, perhatikan baik-baik penyebutan nama, gelar, dan nenghargaan yang pernah diperoleh sehingga tidak terjadi kesalahan.
4. Menentukan kata acuan yang tepat untuk menyebut narasumber.
5. Berlatih secara mandiri, baik hanya dalam batin maupun benar-benar diucapkan dan diperagakan lengkap dengan gaya bicara.


 MEMPERKENALKAN DIRI DALAM FORUM RESMI

Segala aspek kehidupan memiliki aturan main. Demikian pula dengan kegiatan diskusi. Kegiatan diskusi melibatkan banyak pihak, seperti pembicara (panelis) moderator, peserta, dan notulis. Karena itu, dalam diskusi, masing-masing pihak harus dapat menjaga sikap (etika) mereka sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain.

 Hal pertama yang dilakukan saat menyampaikan pendapat adalah memperkenalka diri. Memperkenalkan diri dalam forum resmi merupakan salah satu bentuk rasa tanggung jawab moral atas pendapat yang disampaikan.

Coba perhatikan kalimat perkenalan di bawah ini!

 Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Sebelum menyampaikan tanggapan, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Nama saya Indah Pratiwi, tetapi sering dipanggil Tiwi. Saat ini, saya duduk di kelas X SMA Negeri 109 Jakarta. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pendapat sebagai berikut ……

 Ucapan terima kasih perlu disampaikan karena tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Jadi, jika kesempatan itu diberikan kepada seseorang, maka tentu orang itu perlu berterima kasih. Untuk menyegarkan suasana, ungkapan-ungkapan seperti “tak kenal maka tak sayang” dapat juga disampaikan. Hal yang harus diperhatikan pada saat memperkenalkan diri di dalam forum diskusi adalah:
1. kejelasan ucapan (lafal);
2. intonasi;
3. ekspresi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar